Sabtu, 03 Desember 2011

PENTINGNYA KOMUNIKASI SOSIAL DALAM BERDAKWAH


Kominikasi merupakan peristiwa sosial yang bertujuan untuk memberikan informasi, membentuk pengertian, menghibur, bahkan mempengaruhi orang lain. Sedangkan Komunikasi sosial ialah suatu proses interaksi di mana seseorang atau lembaga menyampaikan amanat kepada pihak lain supaya pihak lain dapat menangkap maksud yang dikehendaki penyampai. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi sangat penting dan berpengaruh terhadap keberhasilan interaksi yang dilakukan kedua belah pihak. Tanpa adanya komunikasi yang baik tidak akan ada kesempurnaan dalam penyampaian pesan kepada komunikan.
 Sebenarnya dakwah itu sendiri adalah komunikasi, dakwah tanpa komunikasi tidak akan mampu berjalan menuju target-target yang diinginkan, demikian komunikasi tanpa dakwah akan kehilangan nilai-nilai Ilahi dalam kehidupan. secara umum kesamaan antara komunikasi dan dakwah pada pesannya dimana pesan pada keilmuan bidang komunikasi lebih bersifat umum sedangkan pesan yang ada dalam keilmuan bidang dakwah lebih khusus pada bidang keagamaan Islam.
Komunikasi dan dakwah memiliki tujuan untuk merubah prilaku orang yang diajak berkomunikasi atau orang yang sedang menerima dakwah agar mengikuti seruan atau ajakan yang disampaikan. Peran komunikasi begitu signifikan dalam dunia dakwah, karena salah satu cara yang banyak digunakan dalam usaha dakwah ialah melalui komunikasi efektif, sehingga pokok atau tujuan dakwah kita sesuai dengan apa yang kita harapkan. Maksudnya, ada kesesuaian pemahaman antara komunikator atau penyampai dengan komunikan atau pendengar.
Kecakapan seseorang dalam berkomunikasi menentukan sejauh mana wawasan pengetahuan yang dimiliki oleh orang tersebut. Orang yang luas wawasan pengetahuan dan pergaulannya cenderung mudah melakukan komunikasi, adaptasi, dan sosialisasi. Sebaliknya orang  yang sempit baik wawasan pengetahuan maupun pergaulannya cenderung sulit dalam menyampaikan suatu ide atau gagasan apalagi ketika ia bersosialisasi dengan orang lain.
Pentingnya komunikasi sosial dalam berdakwah untuk menyampaikan pengetahuan dan wawasannya tentang agama Islam. Dalam hal ini komunikan menginformasikan kepada masyarakat mengenai seluk beluk yang ada dalam agama Islam, dengan harapan agar masyarakat paham dan mengerti tentang agama Islam supaya tidak berada dijalan yang sesat dalam menempuh hidupnya. Selain itu, komunikasi sosial juga berfungsi untuk mempegaruhi setiap individu dengan cara mempengaruhi jalan pikiran mereka agar mengikuti setiap hal yang komunikan sampaikan untuk berada di jalan Islam.
Dalam berdakwah, komunikasi afektif sangat diperlukan demi tercapainya kesempurnaan dalam menyampaikan pesan-pesan dan amanat yang disampaikan kepada komuikan. Komunikator atau pendakwah (da’i) juga harus memfungsikan komunikasi sebagai hiburan untuk menghibur para komunikan atau pendengar agar komunikan tidak merasa bosan dengan ceramah-ceramah yang disampaikan komunikator untuk lebih terpengaruh dan paham apa yang disampaikan komunikator.
Bila dilihat dari fungsi komunikasi sosial yang telah dikemukakan diatas bahwa komunikasi tidak dapat dilepaskan dan memegang peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari terutama dalam lingkungan kehidupan bermasyarakat. Terutama untuk kelancaran dan keberhasilan dalam berdakwah agama Islam.

Ref :
Toto Tasmara, 1987, Komunikasi Dakwah, Jakarta : Gaya Media Pratama.
Onong Uchjana Effendy, 2002, Komunikasi Teori dan Praktek, Jakarta: Grasindo Rosdakarya.

Oleh : Binti Istianah

0 komentar:

Posting Komentar