Kamis, 02 Oktober 2014

REKAYASA TEKHNOLOGI MANFAAT DAN AKIBAT NEGATIFNYA

REKAYASA TEKHNOLOGI
MANFAAT DAN AKIBAT NEGATIFNYA




Pencapaian peningkatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi merupakan hasil dari spirit modernisme Barat.
Masa kemunculannya dari 1650-1800 M yang dalam sejarah Eropa disebut The Age of Reason atau Englightenment.

ASAL MODERNISME
Modernisme mengandung arti pikiran, aliran, gerakan, dan usaha-usaha untuk mengubah paham, adat istiadat, institusi-institusi lama dsb.agar sesuai dengan  pendapat/keadaan baru yang ditimbulkan oleh iptek.

Modernisme Barat
Mengandung pengertian Bahwa manusia modern dengan sengaja membebaskan diri dari tatanan Tuhan  theormorehisme), dan membangun tatanan baru yang berpusat pada akal manusia (antropomorphisme).
Ini yang melahirkan sekularisme

MODERNISASI DALAM ISLAM
Modernisasi dalam Islam = reinterpretasi, rasionalisasi.

HAKIKAT REKAYASA TEKHNOLOGI
Rekayasa artinya mengatur dengan terampil dalam bahasa inggris engineer tekhnik artinya cara logi artinya ilmu.
   Perkembangan rekayasa tekhnologi pada awalnya dimaksudkan untuk memudahkan kehidupan Ambisi manusia modern sekarang ini sering memimpikan suatu pencapaian teknologi yang bersandarkan pada penemuan-penemuan mutakhir fisika kuantum dan relativistik abad 20. Suatu  pencapaian teknologi yang merubah total paradigma teknologi rekayasa abad ini.
Fisika Quantum ialah ilmu yang mempelajari blok bangunan alam semesta; ilmu yang menjelaskan bagaimana keseluruhan di dunia ini hadir sebagai kenyataan..Hal ini menyangkut benda2 sangat kecil yang membentuk dunia secara keseluruhan
Fisika kuantum adalah sebuah cabang fisika yang secara khusus mempelajari atom, elektron dan segala segala “kecil-kecil.” yaitu paradigma yang bersandar pada fisika newtonian yang merekayasa alam sedemikian rupa. Memanipulasi alam agar bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan manusia. Akibatnya bila digunakan secara kurang bijak.
  Timbul suatu ketidakseimbangan alam yang terakumulasi menjadi bom waktu yang justeru merusak peradaban manusia itu sendiri. Mengapa?  
Karena tekhnologi ini adalah hasil buatan manusia. Secara natural akan melawan/mengubah tatanan alam yang sudah sesuai dengan kadar kemampuan tekhnologi itu. Teknologi yang bersandar pada fisika kuantum relativistik tidak berarti lebih bersahabat dengan alam, bahkan bila digunakan untuk tujuan yang tidak benar mengakibatkan kerusakan yang jauh lebih fatal daripada kerusakan yang  ditimbulkan oleh teknologi biasa saat ini. Seperti halnya bom nuklir yang daya hancurnya bisa memusnahkan kehidupan di muka bumi, tetapi bila digunakan untuk tujuan damai bisa  menggantikan berjuta-juta barel minyak bumi yang dibakar setiap harinya.
Dampak negatif yang timbulkan oleh out put rekayasa tekhnologi menyadarkan orang untuk menemukan kembali tekhnologi yang bersahabat (ramah lingkungan) di bidang reproduksi Disebut rekayasa reproduksi

1. Kultur jaringan
Pelaksanaan teknik kultur jaringan bertujuan untuk memperbanyak jumlah tanaman. Tanaman yang dikultur biasanya adalah bibit unggul. Kultur jaringan sebenarnya memanfaatkan sifat totipotensi yang dimiliki oleh sel tumbuhan.
Totipotensi yaitu kemampuan setiap sel tumbuhan untuk menjadi individu yang sempurna. Teori totipotensi ini dikemukakan oleh G. Heberlandt tahun 1898. Dia adalah seorang ahli fisiologi yang berasal dari Jerman.
2. Kloning
Kloning adalah penggunaan sel somatik makhluk hidup multiseluler untuk membuat satu atau lebih individu dengan materi genetik yang sama atau  identik. Kloning ditemukan pada tahun 1997 oleh Dr. Ian Willmut seorang ilmuan Skotlandia dengan menjadikan sebuah sel telur domba yang telah direkayasa menjadi seekor domba tanpa ayah atau tanpa perkawinan. Domba hasil rekayasa ilmuan Skotlandia tersebut diberi nama Dolly.
3. Makhluk hidup transgenik
Makhluk hidup transgenik sering disebut sebagai GMOs (Genetically Modified Organisms) yang merupakan hasil rekayasa genetika. Teknik ini mengubah faktor keturunan untuk mendapatkan sifat baru. Teknik ini dikenal dengan rekayasa genetika atau teknologi plasmid.
5. Inseminasi buatan
Inseminasi buatan adalah pembuahan atau fertilisasi yang terjadi pada sel telur dengan sperma yang disuntikkan pada kelamin betina. Jadi, fertilisasi ini tidak membutuhkan hewan jantan, tetapi hanya membutuhkan spermanya saja.
6. Bayi tabung
Bayi tabung adalah bayi yang merupakan hasil pembuahan yang berlangsung di dalam tabung. Teknologi ini sebenarnya kelanjutan dari teknologi inseminasi buatan, hanya proses pembuahan pada bayi tabung terjadi di luar sedangkan inseminasi terjadi di dalam tubuh. Kedua-duanya sama-sama merupakan perkembangbiakan generatif.

AMDAL SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN
Amdal merupakan singkatan dari analisis mengenai dampak lingkungan. Amdal merupakan kajian dampak besar dan penting terhadap lingkungan hidup, dibuat pada tahap perencanaan, dan digunakan untuk pengambilan keputusan.
Hal-hal yang dikaji dalam proses amdal: aspek fisik-kimia, ekologi, sosial-ekonomi, sosial-budaya, dan kesehatan masyarakat sebagai pelengkap studi kelayakan suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.

DASAR PENERAPAN AMDAL
 (Peraturan Pemerintah No. 27 tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).




0 komentar:

Posting Komentar